Indeks Berita Terbaru Hari ini Dari Peristiwa, Kecelakaan, Kriminal, Hukum, Berita Unik, Politik, Liputan Khusus di Indonesia dan Internasional

Lelucon Ridwan Kamil, ''Diriwayatkan Oleh Ibu-Ibu'', Dinilai Kelewatan Batas dan Permainkan Hadits

Suara Bangsaku - Sosok Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil kembali menjadi sorotan di dunia virtual. Terbaru, gambar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dengan candaan yang dianggap mempermaikan hadits.

Gambar itu muncul di instagram dengan akun ais.jawatengah dengan 1040 likes. Meskipun sudah lama diunggah, 27 Mei 2017 lalu, namun tetap saja menjadi sorotan.

Foto itu menggambarkan Kang Emil disuap oleh istrinya, Atalia Praratya. Betapa mesra pasangan ini. Atalia sedang menyuapi suaminya yang menatap kamera.

Tapi bukan itu yang disorot netizen. Melainkan pesan yang tertulis menyertai gambar terebut.


”Apa bila seorang Istri menyiapkan makan sahur dan berbuka dengan ikhlas untuk suaminya selama bulan puasa selama datangnya THR, maka semua pintu Mall akan terbuka untuk Istri dan bebas memilih untuk masuk dari pintu mana saja.” (Diriwayatkan oleh ibu-ibu)

Tulisan inilah yang dianggap mempermainkan hadi Nabi Muhammad SAW. Karena susunan katanya mirip dengan:

”Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad).

Alhasil kang Emil dibanjiri kritikan pedas dari netizen. Netizen menilai, guyonan atau memperolok-olok hadis termasuk dosa besar yang bisa menyebabkan pelakunya keluar dari Islam.

“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu KAFIR sesudah beriman…(QS.At-Taubah 65-66).” tulis akun @syihaab_n

“Parodi hadits atau ayat Al Qur’an termasuk istihza (Olok-olok) terselebung,” timpal akun @rickyputrap
A post shared by AIS JAWA TENGAH (@ais.jawatengah) on
“Astagfirullah…hereuy bolehh tp klo hadist d jadikan becandaan gak boleh atuh kang @ridwankamil. Parahh ihh,” cetus akun @viethree_almustahiq.

“Katanya cucu kyai pendiri pesantren tapi ko hadis dibuat mainan yah..haduuuh, becanda yang bener bosss….gak lucu !!!!,” sindir akun @noe_ahsan

Namun ada juga komentar yang membela Kang Emil. Seperti komentar r3za_rhd yang menanggapi pernyataan kritikan terhadap Kang Emil.

"@irma_maryam_ruslan yah model orang2 kaya anda ini kaum sumbu pendek. dikit2 orang dibilang menghina ayat, menista ayat, hadits dll, ujung2nya juga ngafir2in muslim lain. udah banyak lah buktinya, gus mus, gus dur dihina2 karna beda pendapat. padahal beliau juga mendasarkan pendapatnya berdasarkan ilmu yang disesuaikan dengan kondisi NKRI. Beliaulah ulama NUsantara sejati. apa2 tu tabayyun dulu. itu bener ayat apa bukan. bener hadis apa bukan. nyinyir aja mulut kau mirip yang suka koar kofar kafir kena kasus trus kabur,". tulisnya.

JPNN mencoba melakukan penelusuran di instagram akun Kang Emil, namun tak ditemukan adanya postingan tersebut. Hingga berita ini diunggah, Kang Emil juga belum berhasil di konfirmasi. [suarabangsaku.com / kvi]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Lelucon Ridwan Kamil, ''Diriwayatkan Oleh Ibu-Ibu'', Dinilai Kelewatan Batas dan Permainkan Hadits