Indeks Berita Terbaru Hari ini Dari Peristiwa, Kecelakaan, Kriminal, Hukum, Berita Unik, Politik, Liputan Khusus di Indonesia dan Internasional

Video Anak-Anak Pawai Obor dan Berteriak Bunuh si Ahok, Viral di Media Sosial

Suara Bangsaku - Sebuah video viral di media sosial yang merekam gambar anak-anak berpawai sembari berteriak dengan kalimat yang mengandung kekerasan. Anak-anak yang berpakaian putih secara berkelompok itu berteriak ‘bunuh si Ahok sekarang juga’. 

Ahok, nama populer Basuki Tjahaja Purnama, merupakan terdakwa kasus penodaan agama yang saat ini menjalani hukuman dua tahun penjara.

Video diduga diambil saat pawai menyambut bulan Ramadan di sekitar kawasan Jakarta, Rabu (24/5). Dalam video yang diambil saat malam hari itu tampak anak-anak dan orang dewasa berpakaian serba putih berpawai sembari membawa bendera dan obor.


Pawai ini diduga sebelum ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Namun, belum diketahui lokasi diambilnya video tersebut.

Sebelumnya Ketua Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengungkapkan kekhawatirannya atas disebarkannya benih-benih kebencian berdasarkan aspek keagamaan yang menjamah anak-anak usia dini.

Arist mengatakan di beberapa daerah muncul fenomena anak-anak mengolok temannya yang berbeda agama dengan sebutan kafir. 

"Kasusnya sama seperti bullying, tetapi kini verbalnya didasari identitas keagaaman. Itu mengkhawatirkan sekali," kata Arist, Jumat (12/5). 

Selain mengolok teman, Arist menemukan fenomena anak-anak yang mempersoalkan identitas kafir. Dia mengatakan Komnas PA pernah mendapat aduan dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengajak murid-muridnya mengunjungi suatu mll. 

"Mestinya kan muncul pertanyaan, mal itu apa gunanya. Tapi ada pertanyaan, itu malnya orang kafir atau bukan? Yang punya seagama atau tidak? Itu kan mengerikan," tutur Arist. 

Arist menyatakan kaget bukan kepalang saat mendapat laporan tersebut. Dia tidak menyangka bahwa benih kebencian yang bernuansa agama sudah mengontaminasi anak usia dini. Fenomena ini, kata Aris, terjadi di hampir semua provinsi. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Video Anak-Anak Pawai Obor dan Berteriak Bunuh si Ahok, Viral di Media Sosial